Home / Kesehatan / Tips

Sabtu, 5 Januari 2019 - 19:28 WIB

Hadapi Musim Penghujan, Ini 8 Tips Pintar Menjaga Kesehatan

Ilustrasi Hujan. (Foto Ist/EPA/Alaa Badarneh)

Ilustrasi Hujan. (Foto Ist/EPA/Alaa Badarneh)

Surau.id, Akhir tahun hingga menjelang bulan baru di tahun baru iklim di Indonesia biasanya terasa dingin. Hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius, maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Sehingga tak heran, jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim ini. Penyakit yang menjangkit di musim penghujan bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih beresiko.

Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti di antarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan. Dan apabila penyakit tersebut menjangkit Anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit dan akibatnya aktivitas sehari-hari akan menjadi terhambat. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim pengujan?

Berikut adalah tips pintar menjaga kesehatan saat musim hujan:

1. Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang.Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun, terutama Vitamin C amat dianjurkan.

Kandungan Vitamin C tak hanya bisa didapat dari suplemen. Namun, bisa juga Anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan, seperti buah jeruk, buah stroberi dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi Vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan Vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2. Pastikan untuk Selalu ‘Higienis’ Setiap Hari

Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa, karena kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh. Secara tidak sadar Anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri ke dalam tubuh melalu tangan, seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain mengguankaan tangan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Berikut 6 Penyebab Utama Hipertensi

Untuk itu, pastikan Anda untuk selalu higienis setiap hari dengan cara selalu membiasakan mencuci tangan setiap kali Anda baru tiba di rumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan, dan setiap kali setelah menyentuh toilet. Karena tahukah Anda, toilet adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup membuat kuman dan bakteri dit angan menghilang. Untuk itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun disinfektan agar bakteri yang bersarang di tangan bisa dirontokkan.

3. Bersihkan Lingkungan

Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membaut lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman.

Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Misalkan dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan teduh, lembap dan tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seringkali orang mengabaikan konsumsi terhadap air putih, terutama saat musim penghujan. Udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu seringkali Anda melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup. Namun, faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama.

Jangan pernah berpikir mengkonsumsi air putih saat Anda merasa haus saja. Cobalah berpikir jika semua makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila Anda bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, air tersebut bisa anda ubah menjadi the tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.

Baca Juga :  Saat Pilek, Berbahaya atau Tidak Makan- Makanan Pedas?

5. Jaga Asupan Makanan

Tetap jaga asupan makan sehat Anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam, dan makanan berkuah sehat lainnya.

6. Makan Saat Lapar

Suhu yang dingin saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya, metabolisme saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa Anda bayangkan jika Anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik. Hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan?

Untuk itu, aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan. Jangan sampai nafsu makan Anda yang besar mengantarkan Anda pada kegemukan. Selain itu, usahakan pula untuk tidak melulu menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan Anda.

7. Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundak rasa kantuk yang melulu. Namun, jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastikan jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari.

8. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda di musim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktivitas yang Anda lakukan lebih banyak di luar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga Anda dari udara dingin saat musim penghujan.

Demikian 8 tips pintar yang sebaiknya Anda terapkan saat musim hujan tiba, agar resiko terjadinya gangguan kesehatan bisa lebih di minimalisir. Semoga bermanfaat!

Sumber: Bidanku.com

Share :

Baca Juga

Artikel

Meski Menyegarkan, Jus Jeruk Terlalu Sering Itu Bahaya!
Posisi Tidur

Artikel

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan Menurut Medis dan Islam

Artikel

Sehat Tidak Minum Kopi Sebelum Sarapan?
Vaksin Covid-19

Berita

Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Sumenep Diundur hingga Bulan Februari
Terminal Arya Wiraraja

Berita

Terminal Arya Wiraraja Sumenep Izinkan Penumpang Pergi ke Luar Kota Tanpa SIKM

Artikel

Berikut 6 Penyebab Utama Hipertensi

Artikel

Saat Pilek, Berbahaya atau Tidak Makan- Makanan Pedas?
Seleksi Kompetensi Bidang

Berita

Hadapi Tes CPNS SKB, BKPSDM Sumenep Persiapkan Protokol Kesehatan