Home / Berita / Daerah / Kampus

Selasa, 12 Januari 2021 - 16:03 WIB

LPM Dialektika INKADHA Sumenep Gelar DJTD, Didik Kader Jadi Jurnalis Andal

Pembukaan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) yang digelar LPM INKADHA Sumenep untuk kader angkatan 2019-2020, Selasa (12/01/2021). (Foto for SURAU.id)

Pembukaan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) yang digelar LPM INKADHA Sumenep untuk kader angkatan 2019-2020, Selasa (12/01/2021). (Foto for SURAU.id)

Sumenep, SURAU.id – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dialektika Institut Kariman Wirayudha (INKADHA) Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD) guna persiapkan kader angkatan 2019-2020 jadi jurnalis andal.

Pelatihan bagi para calon jurnalis muda tersebut berlangsung di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Sumenep, Selasa (12/01/2021).

Pimpinan Umum (PU) LPM Dialektika INKADHA, Fathorrosi menyampaikan, kegiatan DJTD itu akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (13/01/2021) besok.

“Kegiatan ini digelar dari pagi hingga sore dengan berbagai materi dan pemateri yang telah ditentukan,” ujarnya, ketika pembukaan kegiatan, Selasa (12/01/2021) pagi.

Rosi mengatakan, dalam DJTD tahun 2021 ini LPM Dialektika INKADHA bekerjasama dengan DPC PWRI Sumenep, baik tempat, pemateri, maupun publikasi.

Baca Juga :  Sahkan 144 Warga Baru, PSHT Cabang Sumenep Minta Komitmen Jaga NKRI

Pembukaan DJTD dihadiri Ketua DPC PWRI Sumenep Helman Jr, Presiden Mahasiswa (Presma) INKADHA Zubairi, perwakilan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) INKADHA Fathorrahman, dan Pengurus LPM Dialektika Periode 2020-2021.

“DJTD ini adalah modal awal bagi para kader untuk bergelut di dunia pers dan jurnalistik dan menjadi jurnalis kampus yang andal,” jelas PU LPM Dialektika itu.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Mahasiswa INKADHA, Zubairi berharap kegiatan DJTD tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan LPM Dialektika.

“Semoga setelah kegiatan ini ada tindak lanjut nyata berupa realisasi program LPM Dialektika kedepannya nanti,” harapnya.

Sekretaris LPM Dialektika INKADHA sekaligus Ketua Panitia, Moh. Amin Rais menambahkan, ada lima materi selama dua hari pada DJTD tahun 2021 ini.

Baca Juga :  H. Sami'oeddin Santuni Anak Yatim, Begini Tujuan Anggota DPRD Sumenep Dapil V Itu

Hari pertama setelah pembukaan diisi dengan materi Pengantar Jurnalistik oleh Fathorrosi, PU LPM Dialektika 2020-2021, dlinajutkan materi Teknik Reportase oleh Rusydiyono, Sekretaris PWRI Sumenep dan wartawan Mata Madura.

“Kemudian dilanjutkan dengan materi Teknik Menulis Berita oleh Kak Hairul Arifin, mantan PU LPM Dialektika Pertama sekaligus Pemred SuaraBangsa.co.id,” imbuh Amin.

Sedangkan hari kedua hanya diisi dengan dua materi. Yaitu Teknik Menulis Artikel oleh Syarwini Syair, salah seorang penulis di Sumenep, dan materi Manajemen Redaksi oleh Rafiqi, Koordinator Bidang OKK DPC PWRI Sumenep sekaligus Pemred media online E-KABARI.com.

Pewarta: Ulum
Editor: Rafiqi

Share :

Baca Juga

Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep Tahun 2020

Berita

Bakal Paslon Gus Acing-Mas Kiai Berangkat Mendaftar ke KPU Sumenep dari Posko Koalisi

Berita

Membludak, Sebanyak 224 Peserta OKARA Padati Aula STKIP PGRI Sumenep
Polres Sumenep

Daerah

Alamak, Kasus Kriminal dan Narkoba di Sumenep Meninggkat di Tahun 2020
Penemuan Bayi

Berita

Begini Kronologi Penemuan Bayi di Belakang Puskesmas Gapura
Pilbup Sumenep 2020

Berita

AK KWK dan DPHP Tidak Sinkron, Panwascam Talango Tuding KPU Sumenep Tidak Profesional
Semarak Lomba Agustusan

Berita

Memperingati HUT Ke-75 RI, IKAPEMDES Longos Bakal Gelar Lomba Agustusan
Pengesahan 144 Warga Baru PSHT Cabagn SUmenep

Berita

Sahkan 144 Warga Baru, PSHT Cabang Sumenep Minta Komitmen Jaga NKRI
Aktivis Perempuan

Berita

Kopri Geruduk Polres Sumenep, Tuntut Usut Tuntas Dugaan Persekusi Aktivis Perempuan