Home / Berita / Daerah / Politik

Jumat, 4 September 2020 - 10:43 WIB

Masa Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep 2020 Resmi Dibuka Hari Ini

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits, S.Sos. (Foto Ulum/Surau.ID)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits, S.Sos. (Foto Ulum/Surau.ID)

Sumenep, Surau.ID – Masa pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep Tahun 2020 resmi dibuka hari ini, Jumat (4/09/2020) pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits mengungkapkan, pihaknya berharap bakal Paslon tidak mendaftar tengah malam.

Harapan tersebut disampaikan Warits bertepatan dengan Rapat Koordinasi dan Simulasi Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep Tahun 2020 di Aula Kantor KPU setempat, Kamis (3/09/2020) siang kemarin.

“Kami berharap bakal Paslon tidak mendaftar jam 23.00 WIB ke atas, meskipun itu boleh,” ujarnya, Kamis (3/09/2020).

Warits menjelaskan, tahapan pendaftaran bakal Paslon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 akan dibuka selama tiga hari, mulai dari tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang.

Namun, durasi waktu pendaftaran yang bertempat di Kantor KPU Sumenep, Jalan Asta Tinggi No. 99, Kebonagung itu tidak sama antara hari pertama, kedua, dan ketiga.

Baca Juga :  Iseng Berkebun Hidroponik di Tengah Pandemi Covid-19, Ternyata Memberi Keuntungan

“Hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB. Sementara hari ketiga dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24 WIB,” terang Warits.

Tidak lupa pihak KPU juga mengimbau masing-masing Paslon beserta partai politik (Parpol) pendukung dan semua yang terlibat wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jadi yang boleh masuk nanti kami batasi, yakni hanya Paslon beserta pasangannya, pimpinan serta sekretaris Parpol pengusung, dan LO-nya,” tegas Warits.

Sementara Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Rahbini mengungkapkan, syarat bagi bakal Paslon Pilbup Tahun 2020 bertambah sesuai dengan PKPU Nomor 10.

“Sesuai PKPU Nomor 10 yang turun tadi malam, Paslon harus menyerahkan hasil tes swab PCR saat pendaftaran,” ujar Rahbini.

Baca Juga :  Tari Muang Sangkal, Seni Mengusir Malapetaka dari Sumenep

Adapun syarat pencalonan bagi Paslon yang diusung oleh Parpol atau gabungan Parpol pada Pilbup Tahun 2020 ini minimal 20 persen dari jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Sumenep atau 10 kursi.

“Atau bisa didukung minimal 25 persen dari akumulasi suara sah dalam Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sumenep tahun 2019 lalu, yakni 170.585 suara sah,” terang Rahbini.

Saat mendaftar nanti, berkas pendaftaran bakal Paslon harus dimasukkan dalam map yang ditulis huruf kapital. Kemudian bungkus dengan plastik, karena akan dilakukan penyemprotan sebelum diterima oleh panitia.

“Selain Ketua dan Sekretaris Parpol pengusung, Paslon beserta pasangannya, LO (Liaison Officer), dan Bawaslu, kita sediakan tenda untuk maksimal 25 tokoh/pendukung di areal Kantor KPU,” terang Rahbini.

Penulis: Ulum
Editor: Rafiqi

Share :

Baca Juga

Aksi Pemukulan

Berita

Wartawan Sumenep Diserang, Kapolres Sumenep Angkat Bicara

Berita

Sukseskan Pilkada Sumenep 2020, KPU Gandeng PWRI Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula
Kelompok Pengolahan dan Pemasaran

Berita

Poklahsar Sumenep Alami Kendala Pemasaran Selama Masa Pandemi
Face Scan

Berita

Redesain Program, Kadisdik Sumenep Canangkan Penerapan Absensi Face Scan Online

Berita

Buku “Terapi Spiritual” Karya Bupati Sumenep Dibedah
PSHT Ranting Sumenep Kota

Berita

Hadapi Kejuaraan Sakera 22 Cup, PSHT Ranting Sumenep Kota Genjot Latihan Para Atlet
Narkoba

Berita

Dalam Sehari Satresnarkoba Polres Sumenep Ringkus 3 Budak Sabu

Berita

Lagi, Kecelakaan Di Sumenep Memakan Korban Dua Orang Tewas Di TKP