Home / Berita / Daerah / Politik

Jumat, 4 September 2020 - 10:43 WIB

Masa Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep 2020 Resmi Dibuka Hari Ini

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits, S.Sos. (Foto Ulum/Surau.ID)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits, S.Sos. (Foto Ulum/Surau.ID)

Sumenep, Surau.ID – Masa pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep Tahun 2020 resmi dibuka hari ini, Jumat (4/09/2020) pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, A. Warits mengungkapkan, pihaknya berharap bakal Paslon tidak mendaftar tengah malam.

Harapan tersebut disampaikan Warits bertepatan dengan Rapat Koordinasi dan Simulasi Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep Tahun 2020 di Aula Kantor KPU setempat, Kamis (3/09/2020) siang kemarin.

“Kami berharap bakal Paslon tidak mendaftar jam 23.00 WIB ke atas, meskipun itu boleh,” ujarnya, Kamis (3/09/2020).

Warits menjelaskan, tahapan pendaftaran bakal Paslon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 akan dibuka selama tiga hari, mulai dari tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang.

Namun, durasi waktu pendaftaran yang bertempat di Kantor KPU Sumenep, Jalan Asta Tinggi No. 99, Kebonagung itu tidak sama antara hari pertama, kedua, dan ketiga.

Baca Juga :  Usai Shalat Dhuha dan Nyekar, Gus Acing-Mas Kiai Mendaftar ke KPU Sumenep

“Hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB. Sementara hari ketiga dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24 WIB,” terang Warits.

Tidak lupa pihak KPU juga mengimbau masing-masing Paslon beserta partai politik (Parpol) pendukung dan semua yang terlibat wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jadi yang boleh masuk nanti kami batasi, yakni hanya Paslon beserta pasangannya, pimpinan serta sekretaris Parpol pengusung, dan LO-nya,” tegas Warits.

Sementara Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Rahbini mengungkapkan, syarat bagi bakal Paslon Pilbup Tahun 2020 bertambah sesuai dengan PKPU Nomor 10.

“Sesuai PKPU Nomor 10 yang turun tadi malam, Paslon harus menyerahkan hasil tes swab PCR saat pendaftaran,” ujar Rahbini.

Baca Juga :  Forum P3K Sumenep Minta Pemda Desak Pemerintah Pusat Segera Turunkan SK

Adapun syarat pencalonan bagi Paslon yang diusung oleh Parpol atau gabungan Parpol pada Pilbup Tahun 2020 ini minimal 20 persen dari jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Sumenep atau 10 kursi.

“Atau bisa didukung minimal 25 persen dari akumulasi suara sah dalam Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sumenep tahun 2019 lalu, yakni 170.585 suara sah,” terang Rahbini.

Saat mendaftar nanti, berkas pendaftaran bakal Paslon harus dimasukkan dalam map yang ditulis huruf kapital. Kemudian bungkus dengan plastik, karena akan dilakukan penyemprotan sebelum diterima oleh panitia.

“Selain Ketua dan Sekretaris Parpol pengusung, Paslon beserta pasangannya, LO (Liaison Officer), dan Bawaslu, kita sediakan tenda untuk maksimal 25 tokoh/pendukung di areal Kantor KPU,” terang Rahbini.

Penulis: Ulum
Editor: Rafiqi

Share :

Baca Juga

Kasus Narkotika

Berita

Pemuda Sumenep Ini Diringkus Polisi tengah Pilah-pilih Narkoba
Bunda PAUD Kabupaten Sumenep

Berita

Bunda Fitri Apresiasi Kegiatan Shalat Tasbih, Istighasah, dan Santunan Anak Yatim Gugus II PAUD Kota Sumenep
Fattah Jasin-Mas Kiai

Berita

Dapat Nomor Urut 2, Fattah Jasin-Mas Kiai Sebut itu Lambang Kemenangan

Berita

OKARA 2019 Sukses, Ini Para Juaranya

Berita

Jokowi Pertimbangkan Keluarkan Perppu, Sejumlah Tokoh dan Praktisi Hukum Datangi Istana
Narkoba

Berita

Timsus Polres Sumenep Kembali Ringkus Penyalahguna Narkoba di Arjasa
Tiga Kecamatan Terendam Banjir

Berita

Januari 2021 Tiga Desa di Tiga Kecamatan Terendam Banjir, BPBD Sumenep: Ini Diluar Dugaan
Promo HP

Berita

September Gembira! Ujung Timur Cell Sumenep Tawarkan Promo dan Cash Back