Home / Artikel / Kesehatan / Tips

Senin, 11 Februari 2019 - 10:26 WIB

Minum Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas, Benarkah??

foto (istimewa)

foto (istimewa)

 

Surau.ID – Menyeruput segarnya es kopi di siang hari yang terik rasanya bagaikan menemukan oasis di tengah padang pasir. Namun, pernahkah Anda penasaran, mana yang lebih sehat antara es kopi atau kopi panas? Mana yang kadar kafeinnya lebih tinggi untuk menyemangati hari? Atau sebenarnya, keduanya sama saja? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.


Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Baik es kopi dan kopi panas sama-sama dapat menodai gigi sebab keduanya mengandung tanin (sejenis polifenol), senyawa yang bertanggung jawab untuk mengubah warna gigi Anda. Tapi efek gigi kuning dari es kopi tetap lebih ringan daripada kopi biasa karena lebih sedikit kandungan taninnya.

Baca Juga :  Terminal Arya Wiraraja Sumenep Izinkan Penumpang Pergi ke Luar Kota Tanpa SIKM


Selain itu, kebanyakan es kopi disajikan dengan sedotan. Minum pakai sedotan akan meminimalisir kontak langsung antara kopi dengan gigi Anda, sehingga akan membantu mengurangi efek asam minuman yang mengotori gigi Anda. Alhasil, gigi bisa tetap putih terawat.


Kopi dingin lebih baik daripada kopi panas, tapi…


Es kopi menjadi pilihan favorit banyak orang untuk melepas dahaga, karena tidak hanya lebih segar namun juga datang dengan beragam rasa tambahan dan variasi cara penyajian.


Namun, jangan mudah terlena dengan warna-warni sirup serta manisnya whipped cream yang menghiasi es kopi Anda. Macam-macam topping kreatif ini akan membuat nilai gizi dan kalori kopi hitam yang tadinya nol besar menjadi berlipat ganda. Belum lagi, umumnya es kopi disajikan dalam wadah yang lebih besar dibandingkan dengan cangkir kopi panas. Manfaat ngopi tidak akan dirasakan oleh tubuh apabila Anda mengonsumsinya dengan cara ini karena risiko kesehatan dari tambahan kalori dan gula akan mengalahkan manfaat kopi yang sebenarnya.

Baca Juga :  Hari Pelanggan Nasional, Jangan Lewatkan Promo Paket TELKOMSEL 4GB Rp 10 Rupiah Ini


Untuk dapat meraih semua manfaat minum kopi seoptimal mungkin, sebaiknya pilihlah kopi hitam tanpa gula dan pemanis lainnya. Baik itu dalam versi es atau yang ditemani kebulan uap hangat. Anda juga tetap wajib memerhatikan porsi kopi harian Anda setiap hari. Pasalnya, kebanyakan minum kopi justru dapat menjadi senjata makan tuan untuk kesehatan Anda. (hellosehat.com)

Share :

Baca Juga

Vaksin Sinovac

Berita

Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Pamekasan akan Dimulai Bulan Februari
Bersyukur

Agama

Kenapa Kita Harus Bersyukur
PMM UMM

Berita

Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasiswa PMM UMM di Pamekasan Sosialisasi Cuci Tangan di Desa Toket
Lockdown Saronggi

Berita

Lockdown Saronggi, Dinkes Sumenep Klaim Lakukan Langkah yang Bisa Didukung Masyarakat

Artikel

Bahasa dan Sastra Madura: Upaya Menumbuhkan Karakter Berbasis Kearifan Lokal
Neo Khawarij

Agama

Neo Khawarij Kaum Milenial

Artikel

Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet?

Artikel

3 Khasiat Beras Merah dari Cina