Home / Artikel / Kesehatan / Tips

Senin, 4 Februari 2019 - 06:57 WIB

Pinggang Terasa Sakit Saat Menahan Kencing. Kenapa?

Foto (Istimewa)

Foto (Istimewa)

Surau.ID -“Aduh, kebelet pipis tapi nanggung banget…” Pasti Anda pernah mengeluhkan hal ini, bukan? Biasanya kondisi ini terjadi pada waktu yang kurang tepat, misalnya dalam perjalanan panjang atau saat menghadiri acara penting. Menahan buang air kecil bisa membuat bagian perut Anda terasa penuh, bahkan sampai sakit pinggang. Kok bisa, ya, jadi sakit pinggang saat menahan kencing?
Penyebab sakit pinggang sakit saat menahan kencing

Sistem saluran kemih Anda terdiri dari ginjal, ureter, akdnung kemih dan uretra. Sistem ini bekerja sama dengan paru-pru, kulit, dan usus untuk menjaga keseimbangan bahan kimia dan air di dalam tubuh. Itu artinya bahan kimia dan air yang tidak diperlukan tubuh (produk limbah) akan dikeluarkan dan ini dikenal dengan urin atau air kencing.

Awalnya ginjal mengeluarkan produk limbah melalui unit penyaringan kecil yang disebut nefron. Kemudian, produk limbah akan melewati nefron dan mengisi tabung ureter dan kandung kemih. Limbah yang ditampung tersebut akan semakin penuh sehingga harus dikeluarkan. Caranya dengan merangsang saraf dan otot di sekitar kandung kemih untuk mengirim sinyal pada otak Anda agar mengosongkan kandung kemih.

Baca Juga :  Meski Menyegarkan, Jus Jeruk Terlalu Sering Itu Bahaya!

Sebenarnya, saat kandung kemih setengah penuh, saraf di sekitar kandung kemih sudah aktif. Anda pasti akan merasakan tanda-tanda untuk buang air kecil. Namun, ketika Anda menahannya, Anda melawan sinyal dari saraf kandung kemih dan otak. Hal ini akan membuat Anda merinding dan bagian bawah perut terasa penuh, bahkan nyeri.

Jika hal ini menjadi kebiasaan, rasa nyeri bisa menyebar dari bagian bawah perut hingga ke pinggang. Kenapa? Perasaan nyeri tersebut muncul karena sebagian besar otot-otot di sekitar kandung kemih dan ginjal Anda terus menegang. Rasa nyeri dan lega kemungkinan akan hilang beberapa saat setelah urin berhasil dikeluarkan.
Akibat menahan buang air kecil, selain nyeri pinggang

Baca Juga :  Inilah 5 Minuman Super yang Bisa Atasi Gejala DBD

Menahan kencing adalah kebiasaan yang tidak sehat. Selain mengakibatkan sakit pinggang saat menahan kencing, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan berbagai masalah pada sistem saluran kemih Anda, seperti:

Infeksi saluran kencing (ISK). Infeksi bakteri akibat penumpukan urin di kandung kemih. Gejalanya meliputi sering buang air kecil yang disertai rasa panas nyeri pada pinggang dan alat kemaluan.
Rusaknya sfingter uretra (otot dasar panggul). Saat otot ini rusak, inkontinensia urin bisa terjadi. Akibatnya, Anda tidak bisa menahan diri untuk buang air kecil.
Batu ginjal. Sering menahan kencing dapat menyebabkan pembentukan batuan ginjal
(hellosehat.com)

Share :

Baca Juga

Politisasi Agama

Artikel

Skenario Politik di Balik Topeng Agama

Artikel

Sehat Tidak Minum Kopi Sebelum Sarapan?

Artikel

13 Cara Unik untuk Menghilangkan Stres
Lockdown Saronggi

Berita

Lockdown Saronggi, Dinkes Sumenep Klaim Lakukan Langkah yang Bisa Didukung Masyarakat
Buah yang Baik

Artikel

Viral, Berikut 15 Buah Rendah Gula yang Baik Membantu Turunkan Berat Badan

Artikel

Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Makanan

Artikel

Ini 9 Menu untuk Diet yang Bisa Anda Coba
Berdebar-debar Menunggu Istri Melahirkan, Yuk Para Suami Baca Amalan dan Doa Ini

Amalan

Berdebar-debar Menunggu Istri Melahirkan, Yuk Para Suami Baca Amalan dan Doa Ini