Home / Berita / Daerah / Politik

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:53 WIB

RTS Gelar Serial Diskusi Pilkada: Siapa yang Lebih Pantas Pimpin Sumenep?

Kegiatan Serial Diskusi Pilkada 2020 yang diselenggarakan oleh Ruang Tengah Sumenep (RTS). (Foto Ulum/Surau.ID)

Kegiatan Serial Diskusi Pilkada 2020 yang diselenggarakan oleh Ruang Tengah Sumenep (RTS). (Foto Ulum/Surau.ID)

Sumenep, Surau.ID – Menyambut Pemilihan Bupati (Pilbup) Sumenep 2020, Ruang Tengah Sumenep (RTS) mengadakan acara Serial Diskusi Pilkada, Sabtu (29/08/2020).

Acara tersebut berlangsung pada pukul 14.30 WIB di Kedai Adien, Jl. Jokotole, Dusun Toros , Desa Babbalan, Kecamatan Batuan.

Tema Serial Diskusi Pilkada perdana ini membahas mengenai siapa yang nantinya lebih pantas untuk menjadi pemimpin Sumenep setelah Bupati KH A. Busyro Karim.

Temanya “Uji Integritas untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Baik dan Bersih”.

Diskusi tersebut menghadirkan kedua perwakilan dari dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi-Ny. Hj. Dewi Khalifah dan RB. Fattah Jasin-KH Ali Fikri A. Warits.

Dari pasangan Fauzi-Eva diwakili oleh Abrori Alsael, Sekertaris DPC PDI Perjuangan Sumenep. Sedangkan dari pasangan Fattah Yasin-Kiai Ali Fikri diwakili oleh Akis Jasuli, Sekertaris DPD Partai NasDem Sumenep.

Baca Juga :  Sempat Hilang, Nelayan asal Sumenep Ditemukan di Perairan Pamekasan

Acara tersebut juga mengundang beberapa komentator, di antaranya pegiat anti korupsi, Sulaisi Abdul Razaq, Ketua Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Sumenep, Ahmad Kurdi Irfani, Ki Demang sebagai pengamat politik, dan lainnya.

Sedangkan dari kalangan jurnalis Sumenep diwakili oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Roni Hartono, dan Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) Achmad Sa’ie.

Perwakilan Fauzi-Eva, Abrori Alsael menyampaikan, dalam perpektif teoritis yang dibutuhkan sebagai pemimpin adalah yang mampu membangun keseimbangan di dalam membangun harmoni berjalannya pemerintahan di Kabupaten Sumenep.

“Dalam balancing theory, hidup butuh keseimbangan. Keseimbangan calon dalam Pilkada Sumenep sangat jelas dimiliki Fauzi-Eva,” Sabtu (29/08/2020) sore.

Baca Juga :  Masa Pendaftaran Bakal Paslon Pilbup Sumenep 2020 Resmi Dibuka Hari Ini

Sedangkan Akis Jasuli dari kubu pasangan Fattah Jasin-Kiai Ali Fikri menyampaikan, pemimpin yang berintegritas itu yang mampu menjalankan praktek birokrasi yang bersih.

Hal itu bisa dijalankan oleh sosok pemimpin yang memiliki pengalaman birokrasi sebagai pelayanan publik seperti Fattah Jasin.

“Pemimpin harus mampu menciptakan pemerintahan yang bersih di Kabupaten Sumenep untuk menuju Sumenep Barokah,” ujar politisi muda NasDem itu.

Namun, dalam diskusi tersebut Akis dan Abrori sependapat bahwa acara yang diadakan oleh RTS itu merupakan mediasi di dalam membangun kesadaran politik publik.

Utamanya di dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2020 di Kota Keris supaya menjadi lebih dewasa dan berkualitas.

Penulis: Ulum
Editor: Rafiqi

Share :

Baca Juga

Razia Miras

Berita

Kapolres Sumenep Instruksikan Semua Kapolsek Wajib Lakukan Razia Miras
JTF Club

Berita

Sasana Sumenep Joko Tole Fighter Club Bentuk Petarung Potensial
INKADHA Sumenep

Berita

INKADHA Sumenep Gelar Pengukuhan Pejabat Struktural Masa Bhakti 2020-2024

Berita

Suami Di Lapas, IRT Di Sumenep Jadi Bandar Narkoba

Berita

Dalam Sebulan, Polres Sumenep Berhasil Ungkap 17 Kasus Narkoba

Berita

Membludak, Sebanyak 224 Peserta OKARA Padati Aula STKIP PGRI Sumenep
Lomba Agustusan

Berita

Peringati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Desa Torbang Gelar Lomba Agustusan
Pria Sumenep Tewas Tenggelam

Berita

Pergi Jaring Ikan, Pria Sumenep Ini Ditemukan Tewas