Home / Artikel / Kesehatan

Senin, 28 Januari 2019 - 12:57 WIB

Saat Pilek, Berbahaya atau Tidak Makan- Makanan Pedas?

(Istimewa)

(Istimewa)

Surau.id – Siapa sih yang tetap bisa merasa nyaman saat pilek? Dalam realitanya, hidung yang tersumbat akan membuat kita sulit untuk bernapas dan kepala yang berat akan mengganggu aktivitas harian kita. Banyak orang yang kemudian mencoba untuk mengatasi hal ini dengan mengonsumsi makanan pedas. Apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsi makanan pedas saat pilek?

Dampak makan pedas saat pilek

Pakar kesehatan menyebut makan pedas saat pilek bukanlah pilihan yang bijak. Memang, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan kita akan merasa jauh lebih enakan, namun sebenarnya hal ini akan membuat pilek menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh efek dari kandungan capsaicin di dalam cabai yang justru membuat hidung teriritasi. Bisa jadi, hal ini justru membuat penyakit yang kita alami tidak kunjung sembuh.

Makanan yang lebih direkomendasikan saat flu atau pilek

Alih-alih mengonsumsi makanan pedas, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang telah terbukti mampu mengatasi flu atau pilek dengan efektif.

Baca Juga :  Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet?

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Sup hangat

Sup hangat bisa membantu mengatasi flu dengan efektif. Hanya saja, pakar kesehatan lebih merekomendasikan sup ayam jika kita sedang terkena flu. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kaldu ayam yang memiliki sifat anti peradangan sehingga akan membantu mengatasi pembengkakan pada hidung dan sinus. Kaldu ayam juga kaya akan kandungan antioksidan dan fitokimia yang bisa membantu meredakan flu dengan lebih efektif.

  • Pisang

Pisang termasuk dalam buah yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata, buah ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi saat kita mengalami flu. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pisang dalam membuat sensasi mual dan kembung mereda. Selain itu, kandungan kalium di dalam pisang yang sangat tinggi juga bisa membantu mengatasi nyeri otot dan gejala flu dengan efektif.                   

  • Beberapa jenis rempah-rempah

Beberapa jenis rempah-rempah layaknya kunyit, cengkeh, dan kayu manis kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh. Kita bisa membuat teh yang diberi tambahan rempah-rempah tersebut saat flu atau menambahkan kayu manis ke dalam sarapan seperti oatmeal. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka flu bisa lebih cepat mereda.

  • Bawang putih
Baca Juga :  Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Makanan

Salah satu bumbu makanan yang paling sering kita gunakan ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti virus. Mengonsumsinya tentu akan membantu mengatasi flu dan masalah hidung tersumbat dengan efektif.

Makanan yang harus dihindari saat flu atau pilek

Sementara itu, saat flu atau pilek kita juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang justru bisa membuat gejala penyakit ini menjadi semakin parah.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut

  1. Susu

Meski termasuk dalam minuman kaya nutrisi yang menyehatkan, minum susu saat flu atau pilek justru akan membuat produksi lendir semakin meningkat. Bisa jadi hal ini akan membuat hidung semakin tersumbat. Alih-alih minum susu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih demi membuat proses pemulihan berjalan dengan lebih baik.

  • Makanan manis

Makanan manis seperti kue, biskuit, es krim dan permen justru akan mengganggu kemampuan sistem imun tubuh dalam membantu memulihkan diri saat terkena flu dan pilek. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi sayur dan buah.

  • Minuman beralkohol

Minuman beralkohol bisa memicu dehidrasi yang akhirnya membuat gejala flu dan pilek menjadi semakin parah sehingga sebaiknya kita hindari.

Sumber: (doktersehat.com)

Share :

Baca Juga

Artikel

Kampus dan Dosen Wajib Menolong Mahasiswa Depresi Karena Skripsi

Artikel

Minum Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas, Benarkah??
PMM UMM

Berita

Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasiswa PMM UMM di Pamekasan Sosialisasi Cuci Tangan di Desa Toket
Waktunya Move On

Artikel

Move On Itu, Gampang
Minyak Paling Diminati Perempuan

Artikel

Untuk Masalah Kewanitaan, Tiga Minyak Ini Paling Diminati Perempuan

Artikel

Sehat Tidak Minum Kopi Sebelum Sarapan?
Hari Pelanggan TELKOMSEL Nasional

Artikel

Hari Pelanggan Nasional, Jangan Lewatkan Promo Paket TELKOMSEL 4GB Rp 10 Rupiah Ini
Seleksi Kompetensi Bidang

Berita

Hadapi Tes CPNS SKB, BKPSDM Sumenep Persiapkan Protokol Kesehatan