SarKampong, Destinasi Wisata Digital Pertama di Madura

Surau.id, Sumenep – Gaya hidup masyarakat dunia kini mencari lokasi wisata yang eksotis. Demikian diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagaimana dikutip dari laman KOMPAS.com, 13 Januari 2018 silam.

Ya, destinasi wisata digital dewasa ini sangat diburu. Pasalnya, jenis destinasi tersebut menyediakan banyak spot foto instagramable yang jadi incaran para wisatawan, terutama wisatawan domestik.

Nah, bagi warga Madura, khususnya Sumenep, kini tak perlu jauh-jauh berburu destinasi tersebut. Sebab tepat di Dusun Palasa, Desa/Kecamatan Batuan, Sumenep sudah hadir Sar Kampong. Destinasi wisata baru tersebut merupakan satu-satunya destinasi digital di Pulau Madura.


Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi (dua dari kiri, belakang) didampingi Ketua GenPI Madura Syaiful Anwar (tiga dari kiri, belakang) foto bersama di salah satu spot foto Destinasi Wisata Digital “Sar Kampong” Batuan, Sumenep. (Foto Ist/polres-sumenep.net)

Mengutip madura-today.com, destinasi digital dimaksud merupakan destinasi yang dikreasikan kaum milenial yang kreatif. Di mana aktivitas masyarakat dunia digital yang mencapai 70% mendorong destinasi wisata untuk lebih kreatif menciptakan objek foto yang instagramable.

“Disebut destinasi digital karena kita telah mempromosikan wisata ini lebih ke dunia digital. Selain itu, konsep yang kami usung juga berkonsep vintage millennial,” kata Syaiful Anwar selaku Ketua Gerakan Pesona Indonesia (GenPI) Madura.

Destinasi wisata tersebut, sudah diresmikan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi akhir November 2018 lalu. Saat peresmian, orang nomor dua di Kota Wisata itu mengapresiasi terbentuknya destinasi wisata digital yang diberi nama Sar Kampong.


Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim (jaket hitam) bersama Ketua TP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro Karim saat menghadiri Lomba Berbasis Lokal di Destinasi Wisata Digital “Sar Kampong” Batuan, Sumenep. (Foto Ist/Deskgram thesoulofsumenep)

“Itu salah satu potensi baru yang dimiliki Sumenep dan sangat layak untuk terus didorong agar berkembang dengan baik,” katanya, seperti dikutip dari tewenews.com.

Wabup Fauzi menilai, keberadaan desinasi wisata digital Sar Kampong akan berdampak positif seiring dengan program pemerintah daerah, Visit Sumenep 2019.

“Baik terhadap program pemerintah daerah maupun pada peningkatan ekonomi sekitar,” imbuhnya.

KOLASE FOTO: Wabup Achmad Fauzi dan Pemanah Cantik sedang bermain Archery War Game di Destinasi Wisata Digital “Sar Kampong” Batuan, Sumenep. (Foto Ist/Deskgram.net)

Masih dilansir dari tewenews.com, destinasi wisata digital Sar Kampong terbentuk atas prakarsa Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Madura. Destinasi tersebut menyedian spot foto yang instagramable dan permainan Archery War Game yang menarik perhatian pengunjung untuk bermain.

“Fasilitas yang sudah tersedia, warung, stand jualan, latihan memanah dan tempat main perang-perangan, musala, dan kamar mandi,” kata salah seorang pengunjung.

Sar Kampong sudah dibuka setiap hari dari pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB. Sejak diresmikan hingga hari ini, sudah banyak wisatawan menikmati liburan di destinasi digital itu, baik sendiri, bersama pasangan atau keluarga, juga dengan komunitasnya. (dbs/rk)

Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *