Home / Berita / Daerah / Politik / Uncategorized

Senin, 23 November 2020 - 12:54 WIB

Sukseskan Pilkada Sumenep 2020, KPU Gandeng PWRI Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Acara Sosialisi PWRI Bersama KPU Sumenep Kepada Pemilih Pemula di Ponpes Nurud Dhalam Ganding ( Foto: Surau.ID).

Acara Sosialisi PWRI Bersama KPU Sumenep Kepada Pemilih Pemula di Ponpes Nurud Dhalam Ganding ( Foto: Surau.ID).

Sumenep, Surau.ID – Demi lancarnya proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ( Jatim),  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gandeng Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DPC Sumenep,  Dalam acara  Sosialisasi Pilkada Sumenep kepada pemilih pemula di Ponpes Nurud Dhalam Ganding. (22/11/2020).

Kegiatan berlangsung hikmat, antusiasme peserta terlihat memadati acara.  Sosialisasi di mulai pukul  14.00 Wib. di ikuti puluhan pemilih pemula yang berlatar belakang siswa dan mahasiswa di lingkungan Ponpes Nurud Dhalam, Kecamatan Ganding.

Ketua DPC PWRI Sumenep, Helman, menyampaikan, tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang pentingnya memberikan hak suara di Pilkada Sumenep 2020.

“Kami sengaja memilih kalangan millenial, karena yakin mereka masih belum terkontaminasi kepentingan politik praktis, sebab mereka masih memiliki idealisme dan semangat demokrasi yang kuat,” ujarnya, Minggu (22/11/2020).

Menarik, DPC PWRI Sumenep mengemas acara dengan mengusung tema “Pemilih Cerdas, Pemimpin Sumenep Berkualitas,” sengaja diangkat guna menekankan bagaimana pemilih pemula menyalurkan hak suaranya dengan baik.

Baca Juga :  Debat Publik KPU Sumenep Di Putaran Tiga Berjalan Lancar

Sedangkan, Narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Syaifurrahman menyampaikan, tiga hal penting yang harus dipersiapkan pemilih pada Pilkada Sumenep 2020. Semuanya terkait persiapan dan mekanisme pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember mendatang.

” Dalam Pemilu 9 Desember 2020 nanti, ada tiga hal yang harus di persiapkan, yaitu, pemilih wajib mematuhi protokol kesehatan, memastikan data pemilih sudah terdaftar,  serta pemilih wajib membawa KTP elektronik,” terangnya.

Lebih lanjut, Syaifur, demikian akrab dipanggil, menjelaskan hal-hal terkait Pilkada Sumenep itu secara rinci disampaikan sebagaimana di atur oleh undang-undang KPU, dilanjutkan dengan penyampaian karakteristik pemilih cerdas.

” Memilih berdasarkan hati nurani melalui pertimbangan akal sehat, hasil analisa atas rekam jejak, visi misi dan program kerja calon, dan menolak intervensi seperti politik uang,” jelasnya.

Baca Juga :  Bakal Paslon Fauzi-Eva Berangkat Mendaftar ke KPU Sumenep dari Masjid Jamik

Narasumber lain,  yang ikut mewarnai acara tersebut, Sekretaris PWRI Sumenep, Rusdiyono mengatakan, pemilih milenial memiliki potensi besar untuk menjadi pemilih cerdas, sehingga akan melahirkan pemimpin Sumenep yang berkualitas.

“Pemilih pemula atau pemilih milenial ini memiliki intelektual yang tinggi dan belum terkontaminasi oleh pemilih kebanyakan,” tuturnya.

Mantan Aktivis PMII tersebut, mengingatkan pemuda ganding, sebagai pemilih pemula agar berhati- hati memilih calon, agar istikharah dulu setidaknya agar tidak terlalu kecewa jika pemimpin sumenep yang di pilih nanti tidak sesuai dengan harapan.

“Dengan demikian, setidaknya kita tidak akan terlalu kecewa ketika pilihan kita yang ditakdirkan memimpin Sumenep nanti misalnya, ternyata melenceng dari harapan. Setidaknya kita sudah melaksanakan istikharah politik dengan hati-hati,” pungkasnya.

( Ulum/ A.Rahman)

Share :

Baca Juga

Agama

Suhaidi: Mendorong Pemkab Memperjuangkan Honor Guru Wajib Diniyah Di Sumenep
Aksi Pemukulan

Berita

Wartawan Sumenep Diserang, Kapolres Sumenep Angkat Bicara
Hari Jadi Sumenep Ke-751

Berita

Peringati Hari Jadi Sumenep Ke-751, Bupati Busyro Ajak Masyarakat Kuatkan Kebersamaan Melawan Covid-19
Wisuda STIT Al Karimiyyah

Berita

Wisuda Ke-8 STIT Al Karimiyyah, 181 Sarjana Diharapkan Berguna di Masyarakat

Berita

Resah, Honorer K2 Sumenep Pertanyakan Pencairan Dana Insentif
KOMPAK

Berita

Gerakan Pemuda KOMPAK Dapat Restu K. Ali Tsabit Habibi

Uncategorized

Biaya Wisuda Terlalu Mahal, Mahasiswa Unija Kepung Gedung Rektorat
Penemuan Bayi

Berita

Bayi Terbungkus Kardus yang Ditemukan Warga Gapura Dibawa ke RSUD Sumenep