Home / Berita / Birokrasi / Daerah

Selasa, 22 September 2020 - 19:09 WIB

Uniba Madura Gelar Pelatihan Desa, Pemkab Sumenep Jadi Fasilitator

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli saat melayani wawancara awak media di de Baghraf Hotel Sumenep, Selasa (22/09/2020). (Foto Ulum/Surau.ID)

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli saat melayani wawancara awak media di de Baghraf Hotel Sumenep, Selasa (22/09/2020). (Foto Ulum/Surau.ID)

Sumenep, Surau.ID – Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura, menggelar pelatihan kepada aparatur desa se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur di de Baghraf Hotel Sumenep.

Kegiatan yang diselenggarakan sejak tanggal 21-23 September 2020 bagi angkatan pertama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan pengaduan di tingkat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli  mengatakan, pihaknya menjadi fasilitator dalam kegiatan peningkatan kapasitas pengelolaan pengaduan tingkat desa itu.

“Yang melaksanakan kegiatan ini adalah Uniba, dalam acara ini Pemkab merupakan fasilitator saja,” terangnya, Selasa (22/09/2020) siang.

Baca Juga :  PGIN Sumenep Dukung Salah Satu Calon Bupati Gunakan Kop Surat Kemenag, Kasi Penma: Jangan Bawa Instansi Kami

“Pihak Uniba yang ada MoU dengan Kementerian Desa (Kemendes PDTT), yang ditunjuk sebagai lembaga kajian desa memberikan penawaran untuk melaksanakan kegiatan ini,” imbuh Ramli.

Kegiatan tersebut bertujuan supaya ke depannya aparatur desa se-Sumenep ada peningkatan kapasitas pengelolaan informasi  dan menindaklanjuti aspirasi serta semakin profesional dalam melayani masyarakat.

“Terutama terkait hal pengaduan yang disampaikan masyarakat, baik menyangkut permasalahan hukum maupun layanan tingkat desa lainnya,” papar Ramli.

Panitia penanggung jawab penyuluhan, Achmad Zuhri mengatakan, dalam kegiatan tersebut, narasumber yang diambil dari jajaran Kepala Dinas (Kadis) dan anggota DPRD Sumenep, akan membahas tentang manajemen bagaimana jika ada pengaduan.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Desa Torbang Gelar Lomba Agustusan

“Oleh sebab itu, seluruh Forkopimda dijadwalkan memberikan materi pada aparat desa tersebut,” tuturnya.

Menurut Zuhri, Bupati Sumenep, Sekda, Kejaksaan, Polres dan DPMD sudah dijadwalkan memberikan materi.

“Di samping itu, Uniba juga mendatangkan pemateri dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ada juga dari perguruan tinggi yang nantinya akan memberi materi terkait manajemen konfliknya apabila ada pengaduan,” pungkasnya.

Penulis: Ulum
Editor: Rafiqi

Share :

Baca Juga

Halaqah Fiqhul Kufid

Agama

Lakpesdam MWC NU Manding Gelar Halaqah Fiqhul Kufid karya Bupati Sumenep
Rumah Cerita OKARA Sumenep

Berita

Dongeng Edukatif Jilid 2 Tarik Antusiasme Anak-anak dari Luar Pulau Madura
Laka Lantas

Berita

Lalai dalam Berkendara Berujung Kecelakaan Maut hingga Alami Kerugian Besar
Syekh Ali Jaber

Berita

Syekh Ali Jaber Wafat, Ustadz Yusuf Mansur Minta Masyarakat Laksanakan Salat Ghaib
Penemuan Bayi

Berita

Pelaku Pembuangan Bayi di Teras Masjid Al-Munawar Masih Diselidiki Polisi

Berita

OKARA 2019 Sukses, Ini Para Juaranya
Pilbup Sumenep 2020

Berita

AK KWK dan DPHP Tidak Sinkron, Panwascam Talango Tuding KPU Sumenep Tidak Profesional
BPBD Sumenep

Berita

Penyaluran Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kekeringan di Sumenep Terkendala Armada